Header Ads

ads header

Breaking News

KD 3.1 KB 3. KONSEP ESSENSIAL GEOGRAFI


 Konsep Eaensial Geografi merupakan unsur penting dalam memahami fenomena atau kejadian geografi. Konsep esensial ilmu geografi menurut seminar IGI Tahun 1988 mencakup konsep lokasi, jarak, keterjangkauan, pola, morfologi, aglomerasi, nilai kegunaan, interaksi dan interdependensi, deferensiasi area, dan keterkaitan keruangan.

( JK dan Mr ApoLo gangGu aDIK )

J = Jarak

K = Keterjangkauan

Mr = Morfologi

A = Aglomerasi

Po = Pola

Lo = Lokasi

Gu =  Nilai  KeGunaan

D = Diferensiasi area

I = Interaksi

K = Keterkaitan ruang


  1. Lokasi

Lokasi adalah posisi suatu objek dalam ruang. Secara pokok, konsep lokasi dibedakan menjadi dua, sebagai berikut :

  1. Lokasi absolut

Lokasi absolut  merupakan  letak  atau  tempat  dilihat  dari  garis  lintang dan garis bujur  (  garis  astronomis  ).  Lokasi  absolut  keadaannya  tetap dan tidak dapat berpindah karena  berpedoman  pada  garis  astronomi bumi.

b. Lokasi relatif

Lokasi relatif sering disebut dengan letak geografis, merupakan posisi sesuatu berdasarkan kondisi dan situasi daerah di sekitarnya. Kondisi dan stuasi dapat berupa kondisi fisik, sosial, budaya, ekonomi, maupun keberadaan sarana transportasi dengan daerah sekitarnya. Letak relatif dapat berubah sesuai sudut pandang penggunaannya karena digambarkan melalui obyek –obyek yang diberi nama, mislanya nama benua, samudra, pulau, laut, dan sebagainya.


Tidak ada komentar