Header Ads

ads header

Breaking News

KD 3.1 KB 2. OBJEK STUDI GEOGRAFI

 Setiap disiplin ilmu memiliki objek yang menjadi bidang kajiannya. Geografi sebagai disipin ilmu tidak lepas dari objek kajian  yang  berbeda dengan disiplin ilmu yang lain. Objek geografi dapat dibedakan menjadi dua yaitu objek formal dan objek material. Objek material geografi yang mengkaji tentang fenomena geosfer yang cakupannya sangat luas seringkali juga dikaji oleh disiplin ilmu yang lain. Perbedaan yang sangat khas dari disiplin ilmu geografi dengan disiplin ilmu yang lain adalah objek formalnya.

 1.      Objek Material Geografi

Objek material geografi merupakan sasaran kajian dalam studi geografi. Objek studinya adalah fenomena-fenomena geosfer. Cakupan geosfer memang sangat luas sekali, meliputi fenomena alam dan fenomena sosial yang berada di bumi. Contoh objek material geografi Antara lain adalah iklim, jenis tanah, penggunaan lahan, kualitas air, distribusi hewan dan tumbuhan, migrasi penduduk, mobilitas penduduk, serta struktur keruangan desa dan kota. Fenomena geosfer dapat dikelompokan menjadi :

a.     Litosfer (Lapisan Kulit Bumi)

Litosfer adalah lapisan kerak bumi yang paling luar yang terdiri dari lapisan batuan dan tanah. Litosfer merupakan tempat hidup makhluk hidup yang berada di darat seperti hewan, tumbuhan, dan manusia. Jika dilihat dari penampang melintang lapisan kulit bumi.

b. Atmosfer (Lapisan Udara)

Atmosfer adalah lapisan gas (udara) yang menyelimuti permukaan bumi. Lapisan atmosfer terdiri atas troposfer, stratosfer, mesosfer, termosfer, dan eksosfer. Lapisan yang paling dekat dengan bumi adalah lapisan troposfer. Lapisan udara ini digunakan oleh manusia dan makhluk lainnya untuk beraktivitas. Proses kejadian cuaca dan iklim yang sangat mempengaruhi kehidupan makhluk hidup di bumi berada di lapisan troposfer.

c.     Hidrosfer (Lapisan Air)

Hidrosfer adalah lapisan air meliputi perairan yang  ada  di  darat  dan  yang berada di laut. Tubuh air terdiri atas lautan, danau, sungai, rawa, mataair dan sungai bawah tanah.


Untuk materi selengkapnya silahkan download pada link berikut :

DOWNLOAD MATERI DISINI

Tidak ada komentar